"Ia Membuat Segala Sesuatu Indah Pada waktunya" Pengkhotbah 3:11. | "Jejak Orang Benar Adalah Lurus, Sebab Engkau Yang Merintis Jalan Lurus Baginya" Yesaya 26: 7

Kisah Para Rasul : 15 : 9 - 12 Diselamatkan Oleh Kasih Karunia

Bacaan Firman Tuhan "Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga."(Ay.11).
Pada Saat  terbentuknya jemaat Kristen pertama sekali terjadi perbedaan dan perselisihan yang tajam di tengah - tengah mereka antara jemaat kristen Yahudi dan non Yahudi. Perbedaan ini tidak hanya terjadi di kalangan jemaat tetapi juga diantara rasul dan pemimpin-pemimpin ibadah Kristen pada masa itu, adapun pokok permasalahan setiap orang yang menerima Injil bagi orang non yahudi haruslah terlebih dahulu mengikuti proses tradisi yahudi, proses ini merupakan keharusan bagi mereka hendak memasuki persekutuan mereka. Pada Ayat 8-9 dikatakan  "Dan Allah, yang mengenal hati manusia, telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan Roh Kudus juga kepada mereka sama seperti kepada kita, dan Ia sama sekali tidak mengadakan perbedaan antara kita dengan mereka, sesudah Ia menyucikan hati mereka oleh iman". Jelas perikop ini mengatakan bahwa diantara mereka tidak ada perbedaan karena Tuhan telah menyucikan hati mereka oleh iman, Rasul Petrus berkata oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristuslah  kita akan beroleh keselamatan juga bagi mereka yang berasal dari non Yahudi, keselamatan bukan lagi merupakan adat istiadat atau tradisi ataupun hukum yahudi melainkan oleh kasih karunia Yesus Kristus, ini terjadi karena kegagalan umat yahudi melakukan hukum taurat dalam kehidupan mereka sehari-hari sehingga Allah menghukum mereka oleh sebab itu Kristus datang ke dunia merupakan kegenapan dari seluruh hukum taurat, bagaimana mungkin mereka memasang kuk yang sangat berat kepada orang-orang jemaat non yahudi sedangkan mereka tidak melakukan hukum taurat dan tradisi mereka.
Melalui nast ini ditegaskan kepada kita bahwa keselamatan tidaklah melalui upacara-upacara keagamaan dan bukan oleh tradisi dan hukum-hukum, melainkan oleh anugerah Allah dan melalui anugerah Allah itulah seluruh bangsa menerima keselamatan itu. Yahudi maupun non Yahudi semua sama dihadapan Tuhan oleh karena iman kitalah kita memperoleh keselamatan dalam kasih karuniaNya. Oleh karena itu marilah kita menerima kasih karunia Allah hanya di dalam Yesus Kristus yang dianugerahkan kepada barang siapa yang percaya kepadaNya. Amin...

Terimakasih Anda baru saja membaca Renungan Harian | Khotbah dari
Kitab Kisah Para Rasul : 15 : 9 - 12 Diselamatkan Oleh Kasih Karunia
Ditulis Oleh Parlindungan manurung
Semoga Renungan | Khotbah dari Kitab Kisah Para Rasul : 15 : 9 - 12 Diselamatkan Oleh Kasih Karunia ini Dapat mengkuatkan iman kita. Amin.. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, di bawah ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kisah Para Rasul : 15 : 9 - 12 Diselamatkan Oleh Kasih Karunia"

Post a Comment