"Ia Membuat Segala Sesuatu Indah Pada waktunya" Pengkhotbah 3:11. | "Jejak Orang Benar Adalah Lurus, Sebab Engkau Yang Merintis Jalan Lurus Baginya" Yesaya 26: 7

Roma 8 : 6-11



Renungan  Roma 8:6-11

6. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.
7.  Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah;   
     hal ini memang tidak mungkin baginya.
8.  Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.
9.  Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam
      kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
10. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah 
       kehidupan oleh karena kebenaran.
 11. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka 
       Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu 
       yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

Penyelasan
Paulus menguraikan dua golongan orang: mereka yang hidup menurut daging (tabiat berdosa) dan mereka yang hidup menurut Roh.
-   Hidup "menurut daging" berarti mengingini, menyenangi, memperhatikan, dan memuaskan keinginan tabiat manusia berdosa. Ini meliputi bukan saja kedursilaan seksual, perzinaan, kebencian, kepentingan diri sendiri, kemarahan, dan sebagainya tetapi juga percabulan, pornografi, obat bius, kesenangan mental dan emosional dari adegan seksual dalam sandiwara, buku, TV atau bioskop, dan sejenisnya
- Hidup "menurut Roh" ialah mencari dan tunduk kepada pimpinan dan kemampuan Roh Kudus dan memusatkan pikiran pada hal-hal dari Allah.
-  Mustahil untuk mengikuti hukum daging dan pimpinan Roh pada saat yang bersamaan. Jikalau seorang gagal melawan keinginan dosa dengan pertolongan Roh dan sebaliknya hidup menurut hukum daging, dia menjadi seteru Allah  dan dapat menantikan kematian rohani yang kekal. Mereka yang terutama mengasihi dan memperhatikan hal-hal dari Allah dalam hidup ini dapat mengharapkan hidup kekal dan hubungan dengan Allah.
Rom 8:9 -> Semua orang percaya sejak saat menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat dan Tuhan memiliki Roh Kudus yang berdiam dalam mereka
Roma 8:10 -> Karena dosa telah memasuki aspek jasmaniah dalam diri kita, tubuh kita harus mati atau diubah. Akan tetapi, karena Kristus ada di dalam diri kita, kini kita mengalami hidup Roh.
Roma 8:11 -> Kebangkitan orang Kristen sangat bergantung pada kebangkitan Kristus. Dengan daya yang sama dan karunia ialah Roh yang sama, Bapa membangkitkan orang Kristen pada gilirannya. Karya itu sekarang sudah disiapkan dalam hidup baru yang membuat orang Kristen menjadi anak serupa dengan Anak, hidup baru itu tidak lain kecuali dipersatukan dengan Kristus menjadi tubuhNya yang dibangkitkan, hal mana terwujud melalui iman, dan baptisan,


Dalam pasal  Paulus mencapai puncak bagian ini, di mana dia menyatakan bahwa orang yang telah dibenarkan karena iman dapat sungguh hidup. Dia dapat sungguh hidup bebas dari Murka, bebas dari Dosa, bebas dari Hukum Taurat, dan akhirnya bebas dari Maut.
Demikian juga dalam pasal Paulus berkata bahwa "dosa memimpin kamu kepada kematian"
Sebagai puncak bagi pasal Paulus berseru, "Siapa akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?"
Pasal 8. mengingatkan kita bahwa bagi Rasul Paulus Maut bukan merupakan peristiwa yang mengakhiri hidup kita, tetapi maut merupakan suatu kuasa yang menguasai kehidupan orang secara mutlak, sejak Kejadian 2:17 ("...pada hari engkau memakannya, pasti engkau mati") digenapi di Taman Eden.
Sama seperti Murka, Dosa, Hukum Taurat, dan Maut telah menjadi sekutu dalam aiwn/aion lama, demikian juga ada empat aspek dari pertolongan yang disediakan bagi kita dalam aiwn/aion baru.

kasih Allah, baptisan Roh, kematian Kristus, dan Roh Allah, sangat berkaitan erat, dan sulit dipisahkan dalam praktek kehidupan kita. pergumulan orang percaya melawan dosa mereka, tanpa pertolongan dari Roh Kudus, tidak menghasilkan Buah kebenaran sedangkan kemenangan atas dosa dengan pertolongan Roh Kudus akan menghasilkan buah kehidupan yang kekal.


Terimakasih Anda baru saja membaca Renungan Harian | Khotbah dari
Kitab Roma 8 : 6-11
Ditulis Oleh Parlindungan manurung
Semoga Renungan | Khotbah dari Kitab Roma 8 : 6-11 ini Dapat mengkuatkan iman kita. Amin.. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, di bawah ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Roma 8 : 6-11"

Post a Comment