"Ia Membuat Segala Sesuatu Indah Pada waktunya" Pengkhotbah 3:11. | "Jejak Orang Benar Adalah Lurus, Sebab Engkau Yang Merintis Jalan Lurus Baginya" Yesaya 26: 7

Keluaran 19 : 4-6 Berpegang Pada PerjanjianNya

Bacaan Firman Tuhan " Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi " (ay.5).
Dalam keluarga pernah kita menggalami dimana anak kita ketahuan membuat suatu kesalahan dan kita memberikan nasihat kepadanya dan dibarenggi dengan kata berjanji tidak akan mengulangi keselahan tersebut untuk kedua kalinya itulah yang kita lakukan agar anak kita mengerti akan kesalahannya.
Demikian halnya dengan sikap Tuhan kepada umat Isreal Allah memulai persekutuanNya dengan manusia berdasarkan perjanjian di sinai, adapun perjanjian yang dilakukan Allah dengan bangsa Israel agar mereka setia berdasarkan perjanjian yang diikat dengan Hukum Taurat sebagai hukum Agama dan sebagain cara untuk menuntun hidup UmatNya dan berpengang kepada ketetapan-ketetapanNya.
Indentitas sebagai umat pilihan membuat bangsa isreal besar kepala merasa Tuhan tidak akan membuang mereka walaupun mereka melanggar perjanjian yang telah mereka lakukan dengan Allah, kenyataan Allah tidak pernah tebang pilih kepada siapapun yang melanggar perjanjian Allah pasti menghukumNya. Perjanjian dengan Abraham merupakan perjanjian dengan satu orang walaupun menjangkut dengan keturunannya sedangkan perjanjian di gunung sinai merupakan perjanjian seluruh bangsa Israel dengan Allah dimana mereka menerima hukum ; kesepuluh perintah Allah serta kitab perjanjian. dan mereka menyamakan Hukum Taurat itu dengan Hikmat Allah.
Hukum Taurat merupakan suatu saksi terhadap bangsa Israel artinya pelanggaran Hukukm Taurat oleh umat Israel akan membatalkan segala perjanjian dengan Allah dan akan mendatangkan kutuk dari Allah, sebab Hukum Taurat merupakan sebagai pengajaran untuk menyiapkan manusia untuk kedatangan Kristus yang akan mengadakan perjanjian baru dengan bangsa Israel, yang akan melepaskan seluruh manusia dari dosa dan menempatkan kita ke tempat yang mulia untuk itulah kita sungguh-sungguh mendengarkan firman Allah dan berpegang pada perjanjianNya, maka Kita akan menjadi harta kesayangan Allah sebab Dia yang empunya seluruh bumi.AMIN.........
 
Terimakasih Anda baru saja membaca Renungan Harian | Khotbah dari
Kitab Keluaran 19 : 4-6 Berpegang Pada PerjanjianNya
Ditulis Oleh Parlindungan manurung
Semoga Renungan | Khotbah dari Kitab Keluaran 19 : 4-6 Berpegang Pada PerjanjianNya ini Dapat mengkuatkan iman kita. Amin.. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, di bawah ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keluaran 19 : 4-6 Berpegang Pada PerjanjianNya"

Post a Comment