"Ia Membuat Segala Sesuatu Indah Pada waktunya" Pengkhotbah 3:11. | "Jejak Orang Benar Adalah Lurus, Sebab Engkau Yang Merintis Jalan Lurus Baginya" Yesaya 26: 7

Roma 10:5-15 melalui Tuhan ada Keselamatan

Bacaam Firman Tuhan "Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan"  (Ay.9).
Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Roma, di mana ditegaskan “Keinginan hatiku dan doaku kepada Tuhan ialah, supaya mereka diselamatkan” (ay 1); “aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar” (ay 2). Betapa menyedihkan memiliki jemaat yang tidak memiliki pengertian yang benar seperti para ahli Taurat dan Farisi. Dan janganlah pernyataan Tuhan menjadi nyata, “Pada hari terakhir banyak orang yang berseru kepadaKu, Tuhan, Tuhan bukankah kami bernubut ... dan mengusir setan... mengadakan banyak mujijat demi namaMu juga? .... Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah daripadaKu .....” (Mat 7: 22-23). Apa yang Tuhan lakukan agar kita menikmati karya keselamatan Kristus?
1.    Diutuslah hamba-hambaNya
“Dan bagaimana mereka dapat memberitakanNya, jika mereka tidak diutus?” (ay 15). Harus ada yang diutus untuk memberitakan tentang Tuhan! Dan Tuhan senantiasa mengutus hamba-hambaNya untuk memenuhi kebutuhan di dunia ini. Lewat Nabi Mikha, “Sebab Aku ... telah mengutus Musa, Harun dan Miryam sebagai penganjurmu” (Mik 6: 4). Perhatikan ketiga tokoh ini, Musa adalah pemimpin, Harun adalah imam dan Miryam adalah worship leader dan mereka berperan sebagai “penganjurmu”, yang menganjurkan apa yang perlu dilakukan dalam kehidupan sehubungan dengan kerohanian kita. Amat disayangkan kita sering mengabaikan utusan Tuhan (Baca Yer 7: 25-26). Terimalah utusan Tuhan, dikatakan “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!” (ay 15); “... seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami” (2 Kor 5:20). Ijinkan ia menasihati engkau.
2.    Diperdengarkan Firman kebenaran
“Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia” (ay 14). Mendengar tentang Kristus membuat kita percaya. Rasul Paulus berkata “Jadi, iman timbul dari pendengaran dan pendengaran oleh Firman Kristus” (ay 17).  Penulis Amsal berkata, “jikalau engkau mencari ... mengejarnya ... maka engkau akan... mendapat pengenalan akan Allah” (Ams 2:4-5). Rasul Paulus melengkapi dengan pernyataan “supaya ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar” (Ef 1: 17). Kemantapan pengenalan kita akan Tuhan akan diperoleh dari Firman dan kuasa Roh Kudus, yang akan memampukan kita benar-benar percaya atau beriman.
3.    Dijadikan beriman kepada Tuhan
“ Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepadaNya, jika mereka tidak percaya kepada Dia” (ay 13-14). Setelah percaya barulah kita mampu berseru kepada Tuhan, “.... harus tahu dengan pasti bahwa Allah telah membuat Yesus .... menjadi Tuhan dan Kristus” (Kis 2:36). Tuhan Yesus adalah Juruselamat manusia! PernyataanNya “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yoh 14:6). Adapun berseru di sini bukan berarti sekedar “berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak bapaKu yang di sorga” (Mat 7:21). Berseru karena iman harus disertai oleh perbuatan! Rasul Yakobus berkata “Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati” (Yak 2:17). Adapun perbuatan yang dimaksud adalah perbuatan yang sesuai kehendak Bapa di sorga. Ini yang akan diselamatkan dan menikmati KerajaanNya Amin...



Terimakasih Anda baru saja membaca Renungan Harian | Khotbah dari
Kitab Roma 10:5-15 melalui Tuhan ada Keselamatan
Ditulis Oleh Parlindungan manurung
Semoga Renungan | Khotbah dari Kitab Roma 10:5-15 melalui Tuhan ada Keselamatan ini Dapat mengkuatkan iman kita. Amin.. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, di bawah ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Roma 10:5-15 melalui Tuhan ada Keselamatan"

Post a Comment