"Ia Membuat Segala Sesuatu Indah Pada waktunya" Pengkhotbah 3:11. | "Jejak Orang Benar Adalah Lurus, Sebab Engkau Yang Merintis Jalan Lurus Baginya" Yesaya 26: 7

Filipi 1 : 21 - 30 Hidup dan Mati Dalam Kristus

Bacaan Firman Tuhan " Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntunga " (Ay.21).
Dalam perjalanan kehidupan ini kita pasti diperhadapkan ke pada kematian, baik itu kematian orang yang kita cintai tentu kita sebagai manusia yang hidup dengan danging akan merasak sedih seperti hati kita hancur berkeping-keping, melalui nats ini rasul paulus menasehati hendaklah kita  bercermin apa yang dialaminya. 
Ketika menulis surat ini ke jemaat yang ada di Filipi, Paulus berada dalam penjara. Ia tidak pernah tahu keadaannya kemudian akan selamat, ataukah harus mati di penjara. Tetapi, baik mati maupun hidup sama baiknya bagi Paulus. Apa sebabnya Paulus dapat memiliki keyakinan seperti itu? Hidup Paulus berubah total setelah ia dijumpai Yesus dalam perjalanannya ke Damsyik. Sejak itu ia menjadi pengikut Yesus yang sangat giat memberitakan Injil sekalipun ia harus menghadapi banyak penolakan dan bahaya yang mengakibatkan Paulus pernah disiksa, dipenjara, diadu dengan binatang buas, sakit dan sebagainya. Paulus tidak pernah mundur, karena baginya hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
Hidup untuk Kristus bukan hanya memberitakan Injil secara verbal, juga mencakup seluruh hidup yang ditujukan untuk kemuliaan Tuhan dan berkat bagi sesama. Ketika kita bekerja dengan tekun dan bertanggung jawab, ketika kita mengembangkan kemampuan kita sepenuhnya, dan semuanya kita tujukan untuk mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama kita, maka kita  telah hidup untuk Kristus, dan kalau mati menjadi keuntungan.
Dalam bahasa Yunani kata mati (Ayat 21) adalah “analuein” yang berarti melanjutkan perjalanan. Kata analuein biasanya dipakai untuk menggambarkan kapal yang mengangkat tali dan jangkarnya untuk melanjutkan perjalanan. Hanya dengan mati, kita dapat melanjutkan hidup, yaitu dengan hidup bersama Kristus di surga. Oleh sebab itu, kematian tidak perlu ditakuti, sebab kematian adalah jalan untuk bertemu muka dengan Kristus, dan hidup bersama Dia untuk selamanya di sorga. Dengan demikian, mati dalam Kristus menjadi keuntungan yang tidak perlu kita khawatirkan.
Mari kita ingat apa yang dikatan Paulus " Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan ". Amin .......... 

Terimakasih Anda baru saja membaca Renungan Harian | Khotbah dari
Kitab Filipi 1 : 21 - 30 Hidup dan Mati Dalam Kristus
Ditulis Oleh Parlindungan manurung
Semoga Renungan | Khotbah dari Kitab Filipi 1 : 21 - 30 Hidup dan Mati Dalam Kristus ini Dapat mengkuatkan iman kita. Amin.. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, di bawah ini.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Filipi 1 : 21 - 30 Hidup dan Mati Dalam Kristus"

  1. saya bgn kecil nakes yg resiko thd covid 19 Saya yakin dgn APD yg ada dibungkus oleh tangan Yesus sec keseluruhan aminn Tuhan

    ReplyDelete
  2. npa penutupnya gx disertai dgn doa?
    tks🙏

    ReplyDelete
  3. Itu ayat surat malua/tardidih saya,, jadi intinya saya harus gmn sekarang menjalaninya kehidupanku,, artinya buat kehidupan ku Gmn? Apa yg harus saya lalui untuk mendapatkan itu semua..

    ReplyDelete
  4. Pa Pendeta, tolong periksa kembali tentang bahasa aslinya "mati" tersebut (Filipi 1:21) , bahasa Yunaninya bukan "analuein" ..... tetapi tertulis "apothnesko" Jadi sangat berbeda. Sedangkan kata Yunani analuein itu di ayat 23 yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesianya "pergi"
    Demikian komentar saya. SHALOM

    ReplyDelete