"Ia Membuat Segala Sesuatu Indah Pada waktunya" Pengkhotbah 3:11. | "Jejak Orang Benar Adalah Lurus, Sebab Engkau Yang Merintis Jalan Lurus Baginya" Yesaya 26: 7

Matius 18 : 15 - 20 Tegorlah Saudaramu Yang Berbuat Doas

Bacaan Firman Tuhan "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga" (Ay.18)
Semua orang, termasuk kita, telah berbuat dosa (Rm. 3:23). Dalam perikop sebelumnya di ayat 12-14, orang berbuat dosa disebut orang yang sesat, orang yang hilang yang harus dicari, karena Allah tidak suka ada orang yang hilang. Tujuan akhirnya, agar mereka memperoleh keselamatan. Dalam nats disebut tiga jenjang penggem-balaan. Pertama, bila saudaramu berbuat dosa, kepada kita atau kepada siapapun, tegorlah dia di bawah empat mata. Ini merujuk pada Imamat 19:17: Jangan engkau membenci saudaramu di dalam hatimu, tetapi engkau harus berterus terang menegor orang sesamamu. Kenapa harus di bawah empat mata? Agar dia merasa  tidak dipermalukan, dan dia mau lebih terbuka. Harus ditegor tentu dengan baik dan kasih, agar  dia menyadari dosanya dan mau bertobat kembali ke jalan yang Tuhan kehendaki.
Kedua, bila dia tidak bersedia? Bawalah seorang atau dua  orang lagi, agar  atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan (Ul. 19:15). Di samping itu di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama Yesus di situ Yesus hadir. Ketiga, bila dia juga tidak bersedia? Bawalah ke persekutuan jemaat. Kesaksian dua atau tiga orang jemaat, sangat kuat membantu penyelesaian masalah di persekutuan jemaat. Lebih baik diselesaikan melalui jalur persekutuan jemaat daripada melalui jalur hukum. Setiap gereja selalu mempunyai ketentuan ”siasat gereja” yang mengatur masalah ini.
Mungkin ada orang yang bersalah kepada kita atau kepada orang lain yang kita saksikan. Bila ada, kita jangan membiarkannya, tetapi lakukanlah sesuai jenjang penggembalaan di atas. Lakukanlah dengan baik, kasih, dan takut akan Tuhan. Tujuannya agar dia mau mengakui dan menyesal akan dosa-dosanya, supaya dia mau bertobat. Bila demikian, dia akan memperoleh keselamatan.Amin
Terimakasih Anda baru saja membaca Renungan Harian | Khotbah dari
Kitab Matius 18 : 15 - 20 Tegorlah Saudaramu Yang Berbuat Doas
Ditulis Oleh Parlindungan manurung
Semoga Renungan | Khotbah dari Kitab Matius 18 : 15 - 20 Tegorlah Saudaramu Yang Berbuat Doas ini Dapat mengkuatkan iman kita. Amin.. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, di bawah ini.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Matius 18 : 15 - 20 Tegorlah Saudaramu Yang Berbuat Doas"