"Ia Membuat Segala Sesuatu Indah Pada waktunya" Pengkhotbah 3:11. | "Jejak Orang Benar Adalah Lurus, Sebab Engkau Yang Merintis Jalan Lurus Baginya" Yesaya 26: 7

Ulangan 8 : 2 - 3 Belajar Dari Pengalaman Yang Berharga

Bacaan Firman Tuhan " Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak ".
Tak salah orang mengatakan pengalaman merupakan guru yang sangat berharga dalam kehidupan kita karena dari pengalaman kita mengetahui dan mengevaluasi hal-hal yang telah kita lalui. Beraneka ragan pengalaman yang telah kita lalui ada pengalaman yang manis adapula pengalaman yang pahit yang merupakan batu sandungan bagi kita, pengalaman yang silih berganti yang kita alami dalam perjalanan kehidupan kita. Semakin jauh kaki kita melangkah semakin banyak pengalaman  yang kita dapat, inilah yang terjadi bagi bangsa isreal yang mengembara di padang gurun selama 40 tahun. 
Bangsa yang besar yang hidup berpindah digurun yang hidup dari belas kasih Tuhan sebab tempat mereka tinggal tidaklah cocok untuk bercocok tanam maupun dijadikan satu kampung untuk membuat perumahan, bangsa yang tidak bercocok tanam akan tetapi bisa hidup ditanah yang tandus, mereka tidak mengali sumur untuk mendapatkan air untuk diminum mereka tidak pernah merasah haus, tentu semua yang terjadi pada bangsa membuat mereka takjub dan heran semua ini terjadi karena Tuhanlah yang memberikan makanan dengan memberi manna dan daging burung puyuh dan Tuhan jugalah yang telah memberikan mereka air dari celah batu mereka juga tidak pernah memintal namun mereka tidak pernah telanjang semua kejadian ini seharusnya mereka tidak pernah meninggalkan sejarahnya yang terjadi bagi bangsa israel, seluruh perbuatan Tuhan bagi mereka membutakan mata mereka dengan menyombongkan diri dan melupakan citra meraka sebagai bangsa yang dikasihi Allah, oleh sebeb itu memang tidak ada alasan bagi mereka untuk menyombongkan diri, bermegah dan angkuh sebab Tuhanlah yang memelihara mereka, seharusnya mereka mengingat  sejarah perjalanan mereka untuk merendahkan diri dihadapan Allah dan taat patuh kepada Allah.
Setiap manusia pasti memiliki pegalaman masa lalu dan lewat pengalaman itulah Tuhan menyatakan diriNya kepada kita, dengan mata iman dan mata rohani kita dapat melihat karya Allah yang maha besar sehingga kita semakin dekat dan tertuju kepada Allah dan ibadah kita semakin setia kepada Allah didalam perjalanan kehidupan kita senantiasa  berguru kepada pengalaman yang telah kita lalui dan ingatlah nas yang berkata "
" Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak ". Amin......
 
Terimakasih Anda baru saja membaca Renungan Harian | Khotbah dari
Kitab Ulangan 8 : 2 - 3 Belajar Dari Pengalaman Yang Berharga
Ditulis Oleh Parlindungan manurung
Semoga Renungan | Khotbah dari Kitab Ulangan 8 : 2 - 3 Belajar Dari Pengalaman Yang Berharga ini Dapat mengkuatkan iman kita. Amin.. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, di bawah ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ulangan 8 : 2 - 3 Belajar Dari Pengalaman Yang Berharga"

Post a Comment